Makanan Orang Betawi

Indonesia sangat beragam akan budaya yang dimilikinya, salah satunya dari kuliner khas yang menjadi daya tarik tersendiri. Dari sekian banyak kuliner indonesia , Makanan Orang Betawi menjadi salah satu makanan yang cocok untuk lidah orang indonesia pada umumnya. Mungkin juga cocok untuk orang asia tenggara.

Makanan orang betawi juga banyak pilihan nya, mulai dari kue pinggir jalan sampai hotel bintang lima.

Kalau soal rasa dijamin makanan orang betawi gak kalah enak nya dengan makanan dari luar negri.

Berikut adalah makanan orang betawi yang telah kami rangkum untuk anda :

Kerak Telor Khas Betawi

Makanan Orang Betawi
dapurkobe.co.id/kerak-telor

Kalau kita mendengar nama makanan nya, sudah gak asing lagi ya di telinga kita. Ya makanan khas betawi ini memang melegenda sejak dahulu.

Kerak telor adalah makanan yang dibuat secara tidak sengaja, Karena lahir dari sebuah percobaan percampuran bahan makanan. Seperti mencapurkan hasil dari buah kelapa dengan telur. Dari situlah awal mula kerak telor ini tercipta.

Bahan Telur yang digunakan pun bisa dari telur ayam ataupun telor bebek. Tergantung selera dan porsi yang di inginkan.

Tahun 1970 kerak telor pertama kali di perkenalkan dan di jual di kawasan monas. Dan ternyata banyak sekali peminatnya.

Bahkan sekarang Kerak telor sering kita temui di acara festival jakarta ,atau yang biasa kita dengar dengan sebutan Pekan raya Jakarta (PRJ).

Disini kita bisa menikmati kerak telor yang khas asli betawi, dengan beragam rasa yang di sajikan nya. Walaupun namanya kerak telor tetapi sudah menjadi lebih modern dengan rasa yang beragam.

Walaupun banyak makanan siap saji yang telah banyak bermunculan, tetapi kerak telor ini masih menjadi makanan favorit orang betawi. Begitupun para pelancong dari luar jakarta.

Nasi Uduk Khas Betawi

Makanan Orang Betaw
unsplash.com

Kalau berbicara soal makanan yang mengenyangkan, tentunya tidak lepas dari nasi ya. Ya nasi uduk khas betawi ini juga paling banyak diminati, walaupun nasi uduk hampir ada di setiap wilayah dengan nama yang berbeda, tetapi ada ciri khas tersendiri dari nasi uduk khas betawi ini.

Nasi uduk betawi awalnya diperkenalkan di wilayah jakarta pusat lebih tepatnya di tanah abang atau berkawasan di kebon kacang.

Dahulu nasi uduk sering disebut makanan rakyat yang dibungkus daun pisang.

Nasi uduk awalnya di bawa dari tanah melayu oleh para pedagang pada jaman tersebut. Dan hingga saat ini nasi uduk bukan hanya sekedar makanan rakyat biasa saja. Tetapi sudah ada yang di sajikan di acara acara besar dan sajian nya pun beragam , hingga rasa nya bisa di bilang rasa bintang lima dengan banyak nya lauk yang menjadi pendamping nya.

Kini nasi uduk khas betawi ini sudah menjadi makanan yang wajib kita nikmati bukan hanya di pagi hari tetapi hampir sepanjang hari. Bahkan sampai malam hari, di berbagai wilayah juga menyajikan nasi uduk khas betawi ini.

Soto Betawi

 

Soto betawii
https://www.unileverfoodsolutions.co.id/

Sejak tahun 1977-1978 nama soto betawi mulai di kenal masyarakat jakarta maupun sekitarnya. Betawi pada awalnya merupakan nama sebelum ibu kota jakarta di resmikan. Betawi juga identik dengan sebutan bagi orang jakarta.

Betawi juga erat kaitan nya dengan cina dan belanda, mengapa demikian? Pada tahun 1740 , orang orang cina yang tinggal di batavia banyak yang memberontak terhadap penjajah dari belanda. Para perantau dari cina tersebut akhirnya terjadi perang yang menimbulkan banyak korban. Dan akhirnya orang cina pun berbaur dengan masyarakat betawi dan belanda.

Lie Boen Po adalah orang yang menjual soto pertama kali, dan beliau jugalah yang membuat nama soto betawi ini menjadi dikenal oleh masyarakat jakarta bahkan sampai ke kota kota lain di indonesia. Soto betawi juga mempunyai rasa yang begitu khas. Makanan orang betawi satu ini sangat digemari sebagai lauk untuk bersantap bersama nasi.

Tetapi sangat di sayangkan toko lie boen po tutup pada tahun 1991, karena banyak toko yang sudah menjual dan menggunakan nama soto nya dengan sebtan soto khas betawi. Walaupun demikian, soto khas betawi ini sangat kental dan erat hubungan nya dengan etnis tionghoa atau orang cina. Bahkan banyak orang yang berpendapat bahwa asal makanan soto ini berasal dari tionghoa atau yang biasa mereka sebut sebagai coudo / makanan khas tionghoa, dan berkembang dari bahasa nya menjadi coto yang kini dikenal sebagai nama soto. Di tempat asalnya, coudo dikenal sebagai makanan yang berkuah dan di dalam nya tercampur banyak bahan rempah yang dan bahan utamanya menggunakan daging dan jeroan.

Roti Buaya Khas Betawi

makanan Orang Betawi
sumber: id.wikipedia.org/

Awal mula roti buaya digunakan sebagai salah satu hantaran orang yang akan menikah, simbol roti sendiri di percaya sebagai makanan orang yang derajat nya lebih tinggi atau orang berada. Sedangkan lambang buaya itu sendiri dipercaya bahwa hewan buaya adalah hewan yang paling setia atau kawin hanya sekali seumur hidupnya.

Lambang dari Roti buaya itu sendiri diharapkan membawa keberkahan untuk psangan yang akan menikan dan mapu bertahan selamanya / seumur hidup nya.

Dari situlah roti buaya memiliki peran yang sangat penting dan harus ada pada tradisi orang betawi pada saat akan menikah.

Biasanya roti buaya akan dibuat dua, yang satu berukuran besar dan satu lagi berukuran kecil yang menandakan roti buaya besar sebagai simbol laki laki , dan buaya yang berukuran lebih kecil dimbol dari mempelai wanita.

yang harus diperhatikan, yaitu pada saat membawa roti buaya haruslah berhati-hati dan sampai ke tempat mempelai wanita dalam keadaan utuh. Karena jika roti buaya dengan ukuran yang besar akan lebih sulit untuk membawanya. Tetapi hal ini dipercaya akan membawa kebaikan yang lebih besar juga terhadap kelansungan hungan pasangan yang akan menikah.

Ada hal unik lainnya dari roti buaya yang di buat ini, yaitu dulu roti buaya ini sengaja dibuat lebih keras karena dipercaya supaya hubungan pernikahan yang akan di tempuh menjadi lebih kuat sampai kapanpun.

Tetapi beda zaman beda juga penggunaan nya, tidak mengurangi simbol dari kepercayaan tersebut. Roti buaya yang dibuat , lebih ke bermanfaat dan lebih enak untuk di makan. Jadi selain menjadi simbol tentu rasa juga di utamakan. Itulah kenapa rasa yang di buat pun bermacam macam, dan tentunya tekstur roti yang lembut.

Tak hanya rasa dan tekstur, ternyata roti buaya yang saat ini dibuat pun lebih beragam tampilan nya. Dan hiasan pada roti buaya sebagai hantaran orang yang akan melangsungkan pernikahanpun terlihat lebih indah dan cantik. Jika orang yang melihatnya sebagai kepercayaan, ada juga yang melihatnya sebagai kudapan lezat saat pesta pernikahan.

Gimana nih kalau udah tau makanan khas orang betawi jadi ingin segera mncicipi dan membuat hidangan nya untuk makan siang ataupun makan malam. Dan perlu kita ketahui masih banyak sekali makanan khas daerah yang ada di indonesia.

Demikianlah pembahasan mengenai makanan orang betawi yang khas dan sejarahnya, semoga bermanfaat dan menambah wawasannya.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *