Makanan Khas Yogyakarta Adalah

  • Budayanesia
  • Jan 18, 2023
Makanan Khas Yogyakarta Adalah

Yogyakarta dari dulu memang menjadi tujuan wisata di Indonesia, mulai dari wisatawan lokal hingga mancanegara. Berkunjung ke Yogyakarta kurang lengkap rasanya jika tidak mencicipi lezatnya kudapan khasnya. Salah satu makanan khas Yogyakarta adalah gudeg yang mesti dicicipi wisatawan.

Meskipun makanan ini mungkin sudah ada di daerah Anda, namun rasanya akan berbeda ketika menikmati di kota asalnya langsung. Selain itu, ada beberapa makanan khas lainnya yang patut dicoba ketika berkunjung ke sana.

Makanan Khas Yogyakarta Adalah

Rata-rata makanan tradisional yang ada di Yogyakarta rasanya manis gula jawa. Hal ini menjadi surga tersendiri bagi para pencinta makanan manis.

Adapun beberapa makanan khas Yogyakarta yang paling terkenal adalah sebagai berikut.

1. Bakpia Patok

Bakpia Patok

Makanan manis yang satu ini pasti sudah tersebar ke mana-mana, mungkin juga ada di daerah Anda. Bakpia patok kerap menjadi pilihan para wisatawan yang berkunjung ke Jogja saat membeli oleh-oleh. Tekstur lembut dan krispi bakpia telah memikat banyak orang, terlebih dengan hadirnya varian rasa.

Varian rasa tersebut kian bertambah seiring banyaknya peminat bakpia, seperti rasa original yang berupa kacang hijau, rasa keju, stroberi, durian, coklat, dan mungkin akan bertambah lagi kedepannya. Bakpia biasa dijual dalam kotak dengan harga yang terjangkau.

2. Gudeg

Makanan Khas Yogyakarta Adalah

Banyak orang mengenal Jogja karena makan kudapan yang satu ini. Makanan yang terbuat dari nangka muda dan santan ini memang rasanya enak, namun tahukah Anda bahwa membuat makanan ini ternyata memerlukan waktu yang lama.

Banyak orang menyukai makanan ini karena rasanya yang manis dan gurih cocok disantap dengan nasi dan juga tambahan lauk lainnya seperti ayam, telur bacem, tahu, dan sambal goreng krecek. Sekarang sudah tidak sulit lagi untuk menemukan kudapan ini di daerah lain.

3. Sate Klatak

Makanan Khas Yogyakarta Adalah

Sate klatak merupakan sate kambing yang dibumbui dengan aneka macam rempah-rempah dan ditusuk dengan jeruji besi. Sate ini dinilai unik dengan penggunaan jeruji besi tersebut karena rasa dagingnya menjadi matang secara merata.

Tak hanya itu saja, bumbu saus yang digunakan juga hanya menggunakan garam dan ketumbar saja. Agar rasanya semakin nikmat, biasanya akan dinikmati bersama dengan kuah gulai atau kecap, potongan cabe rawit, serta nasi.

4. Oseng Mercon

Makanan Khas Yogyakarta Adalah

Pencinta makanan pedas wajib mencoba makanan Yogyakarta yang satu ini. Dinamakan oseng mercon karena memang makanan ini akan meledak-ledak di mulut Anda dengan rasa pedasnya yang luar biasa.

Oseng mercon terbuat dari tetelan daging sapi atau koyor yang kemudian dioseng atau ditumis. Bumbu-bumbu yang digunakan yaitu cabai rawit sebagai bumbu paling menonjol dan rempah-rempah. Tak hanya tetelan daging, Anda juga bisa menjumpai oseng mercon ayam, ati ampela, jeroan, atau kikil.

5. Sate Kere

Sate Kere

Bukan dari ikan maupun daging, sate kere justru dibuat dari gajih atau lemak sapi, oleh karena itu disebut dengan kere (miskin). Sate ini juga ada di Solo, yakni merujuk pada sate yang terbuat dari gembus atau ampas tahu.

Gembus dikenal sebagai makanan kalangan bawah karena harganya sangat murah dan memang sisa-sisa produksi tahu. Rasa sate kere ini tak kalah nikmatnya dengan sate lainnya. Terlebih bumbu-bumbu yang meresap sampai ke gajihnya membuat ketagihan, sehingga banyak yang makan lebih dari satu.

Makanan khas Yogyakarta adalah makanan yang murah, sehingga tidak akan membuat kantong kering jika Anda hendak menjelajahi semuanya. Agar cita rasa Jogja tetap ada, sebaiknya coba secara langsung di Jogja meskipun mungkin ada di daerah lainnya.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.