Makanan Khas Suku Minang Adalah

  • Budayanesia
  • Jan 18, 2023
makanan khas suku minang adalah

Minangkabau merupakan daerah yang memiliki banyak ragam makanan khas populer. Salah satu makanan khas Suku Minang adalah rendang yang sangat menggemparkan dunia kuliner. Indonesia menjadi bangga berkat dinobatkannya rendang sebagai makanan terenak di dunia.

Namun tidak hanya rendang, Suku Minang memiliki makanan khas lain yang harus dicicipi ketika berkunjung ke sana. Makanan-makanan ini memang kebanyakan memiliki rasa pedas karena menggunakan aneka rempah khas Indonesia.

Makanan Khas Suku Minang Adalah?

Makanan Minang menjadi semakin populer berkat ketenaran yang diperoleh oleh rendang sebagai makanan paling lezat di dunia.

Berikut beberapa makanan Minang yang menjadi populer menyusul rendang.

1. Rendang

makanan khas suku minang adalah

Makanan asal daerah Minang yang sangat terkenal adalah rendang. Popularitas rendang sebagai makanan terenak di dunia sudah melang-langbuana dan membuatnya banyak dikenal orang luar negeri yang penasaran seberapa enaknya makanan ini.

Rendang bisa menjadi cerminan bahwa setiap usaha keras tentu membuahkan hasil yang sepadan. Hal ini karena makanan yang terbuat dari daging ini dimasak dalam waktu yang sama dan membutuhkan rempah-rempah yang sangat banyak.

2. Nasi Kapau

makanan khas suku minang adalah

Selain rendang, popularitas nasi kapau juga tak kalah tingginya. Makanan ini biasanya ada di warung-warung Padang yang menyediakannya. Nasi kapau sendiri merupakan nasi campur yang terdiri dari nasi, lauk-pauk khas Kapau, gulai cancang, gulai nangka, sambal, dan yang lainnya.

Gulai nangka merupakan campuran nasi kapau yang wajib ditambahkan karena sangat khas dan tidak lengkap jika tidak ada lauk tersebut.

3. Dendeng Balado

makanan khas suku minang adalah

Dendeng merupakan makanan yang terbuat dari daging sapi yang diiris tipis dan lebar yang dikeringkan kemudian digoreng hingga kering. Dinamakan dendeng balado karena setelah digoreng kering kemudian irisan daging tersebut akan diberi bumbu balado.

Bumbu balado merupakan bumbu yang terbuat dari cabai giling yang ditumis dengan berbagai rempah. Adapun rempah yang biasa digunakan sebagai campuran balado adalah bawang merah, bawang putih, serta perasan jeruk nipis.

4. Gulai Masin Ikan

Gulai Masin Ikan

Gulai merupakan makanan suku Minang yang terkenal di mana-mana karena ada banyak jenisnya. Salah satu jenis gulai yang populer dan banyak penggemarnya adalah gulai masin ikan. Seperti namanya, gulai ini dibuat dari bahan utama berupa ikan, baik laut maupun air tawar.

Gulai masin ikan terlihat menggoda karena warna kuning kentalnya yang terlihat segar. Penggunaan kunyit lah yang membuat tampilan kuningnya menjadi bagus dan menggoda selera. Rasanya pun jangan ditanya lagi, ada aneka macam rasa jika masuk ke dalam mulut.

Cita rasa gulai masin ikan cenderung kompleks, mulai dari gurih, asam, manis, asin, dan tentunya pedas.

5. Sate Padang

Sate Padang

Pecinta masakan padang pasti tak akan pernah terlewat untuk menikmati sate Padang ketika berkunjung ke warung makan Padang. Meskipun sudah sering makan di daerah sendiri, tak ada salahnya untuk makan sate Padang di kota asalnya.

Sebenarnya sate Padang tidak merujuk pada satu jenis sate saja, ada sate Padang itu sendiri, sate Padang Panjang, serta sate Pariaman. Bahan utama yang digunakan adalah lidah, daging, serta jeroan sapi.

Uniknya, bumbu kacang kental yang disiramkan pada sate warnanya berbeda tergantung jenis sate Padang. Sate Padang Panjang kuah kacangnya berwarna kuning, sedangkan sate Pariaman berwarna merah kental. Sate Padang memiliki cita rasa yang merupakan gabungan dari kedua sate tersebut.

Makanan khas Suku Minang adalah makanan yang patut untuk diapresiasi karena Indonesia menjadi dikenal berkat makanan-makanan tersebut. Kedepannya, Anda bisa mengenalkannya pada orang luar negeri setelah mencoba agar mereka pun turut merasakan kelezatannya.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.