Makanan Khas Sulawesi Barat

Mencicipi makanan khas Sulawesi Barat adalah hal yang wajib jika Anda berkesempatan mengunjungi daerah tersebut. Karena ada banyak makanan lezat dan nikmat di Sulawesi Barat seperti Bau Peapi.

Tentu Anda sudah mengetahui bahwa Indonesia bagian sebelah timur memiliki kecantikan alam bahari yang sangat memukau. Begitu juga jika Anda mengunjungi daerah Sulawesi Barat yang memiliki banyak pantai indah.

Anda bisa melihat keindahan pantai Cinoki, Pantai Pasangkayu dan beragam pantai lainnya di daerah Sulawesi Barat. Namun ternyata selain keindahan alam, Sulawesi Barat juga menyimpan beragam kuliner khas lezat.

Bau peapi merupakan salah satu makanan khas lezat yang bisa Anda nikmati di daerah Sulawesi Barat. Simak penjelasan berikut jika Anda ingin mengenal dan memahami lebih dalam dengan makanan ini.

Berkenalan dengan Bau Peapi, Makanan Khas Sulawesi Barat

Makanan Khas Sulawesi Barat
celebes.co

Bau peapi terdiri dari dua kata, yaitu bau dan peapi. Bau sendiri dalam bahasa setempat memiliki arti makna ikan. Sementara kata peapi memiliki kata dimakas.

Sehingga secara bahas, bau peapi memiliki makna hidangan ikan yang dimasak. Pembuatan bau peapi sendiri bisa menggunakan beragam jenis ikan. Biasanya masyarakat setempat menggunakan ikan cakalang ataupun ikan tuna.

Bau peapi sebenarnya merupakan masakan tradisional khas dari suku Mandar. Bagi Anda yang belum tahu, suku Mandar merupakan salah satu suku terbesar yang ada di daerah Sulawesi Barat.

Hidangan ini memiliki tampilan berkuah dengan warna kekuningan. Hidangan ini merupakan salah satu banyak orang merindukan tanah Mandar. Sekali mencobanya, Anda pasti akan ketagihan untuk mencicipinya lagi.

Oleh karena itu tidak salah jika makanan khas Sulawesi Barat ini menjadi salah satu rekomendasi wajib bagi para pengunjung. Karena cita rasa khas dari bau peapi begitu nikmat dan menggoda.

Untuk menyantap bau peapi biasanya dilengkapi dengan nasi. Selain itu, hidangan lezat ini juga sering disajikan bersama dengan jepa, kuliner khas lain dari Suku Mandar.

Jepa merupakan roti pipih berbentuk bulat yang terbuat dari singkong. Dengan tambahan parutan kelapa, membuat rasa jepa menjadi lebih gurih dan cocok dipadukan dengan bau peapi.

Jika Anda berkunjung ke daerah Sulawesi Barat, akan sangat mudah menemukan sajian kuliner ini. Karena bukan hanya disajikan di rumah-rumah, berbagai restoran juga menjadikan bau peapi sebagai menu andalan mereka.

Menguak Rahasia Kenikmatan Bau Peapi

Cita rasa nikmat yang dimiliki oleh makanan khas Sulawesi Barat ini tentu bukan tanpa alasan. Setidaknya terdapat tiga rahasia yang membuat bau peapi memiliki cita rasa nikmat dan membuat ketagihan.

Jika Anda ingin membuat hidangan ini di rumah, wajib memahami rahasia tersebut. Berikut ini adalah tiga hal yang menjadi rahasia kelezatan kuliner khas bau peapi.

1. Pemilihan Ikan

Pembuatan bau peapi menggunakan ikan tuna atau cakalang sebagai bahan utamanya. Kedua ikan ini sudah mendapat pengakuan dari banyak orang sebagai ikan yang gurih dan lezat.

Oleh karena itulah bau peapi dari ikan tuna dan cakalang juga begitu nikmat. Sebab bahan dasar makanan ini menggunakan ikan berkualitas nomor satu yang menjadi favorit dari banyak orang.

2. Penggunaan Minyak Lokal

Rahasia lain yang membuat makanan khas Sulawesi Barat ini begitu nikmat adalah penggunaan minyak lokal. Minyak tersebut adalah minyak kelapa asli yang diketahui memiliki banyak manfaat.

Selain memiliki khasiat untuk kesehatan, aroma dari minyak kelapa juga akan membuat olahan makanan menjadi lebih nikmat. Terlebih dalam pembuatan bau peapi, aroma minyak kelapa akan meresap ke dalam ikan.

3. Kuah

Inti dari kenikmatan bau peapi sebenarnya terletak pada kuahnya. Karena kuah inilah yang membuat bau peapi begitu nikmat dengan cita rasa khas dari tanah Mandar.

Sebab pembuatan kuah ba peapi menggunakan bumbu lokal yang semuanya adalah bahan alami. Beberapa bumbu yang memberikan kenikmatan tersebut seperti asam mangga, belimbing dan kunyit basah.

Kandungan Gizi Dalam Bau Peapi

Sebagai hidangan olahan ikan, tidak ada yang meragukan kandungan gizi dari makanan khas Sulawesi Barat satu ini. Namun agar menjadi lebih jelas, kami akan menjelaskan kandungan gizi di dalamnya.

Dengan begitu Anda bisa memahami bahwa bau peapi bukan hanya nikmat di lidah. Namun bau peapi juga bisa memberikan banyak manfaat pada tubuh karena memiliki kandungan gizi sebagai berikut.

1. Omega 3

Omega 3 merupakan salah satu zat yang begitu penting pada tubuh. Khususnya bagi ibu hamil sangat disarankan untuk menyantap hidangan dengan kandungan omega 3 yang tinggi.

Ikan tuna dan cakalang merupakan salah satu ikan yang diketahui memiliki kandungan omega 3 tinggi. Oleh karena itu bagi para ibu hamil sangat disarankan untuk mengonsumsi bau peapi.

2. Beragam Vitamin

Makanan khas Sulawesi Barat ini juga memiliki beragam vitamin di dalamnya. Mulai dari vitamin A, vitamin D, vitamin B6 hingga vitamin B12 yang penting bagi tubuh.

Dengan banyaknya vitamin tersebut akan membantu proses pertumbuhan pada tubuh. Oleh karena itu makanan ini juga sangat baik untuk dikonsumsi oleh anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

3. Mineral

Selain vitamin, bau peapi juga kaya akan kandungan mineral seperti zat besi, yodium, selenium, seng dan juga fluor. Beragam mineral ini juga sangat baik untuk tumbuh kembang anak.

Merupakan Hidangan Warisan Leluhur Suku Mandar

Hidangan bau peapi telah ada sejak zaman dahulu. Hidangan ini lalu diwariskan secara turun temurun di dalam suku Mandar hingga akhirnya kini menjadi makanan khas Sulawesi Barat.

Hidangan ini lahir karena kondisi geografis suku Mandar yang berada di daerah pesisir. Sehingga hidangan olahan ikan memang merupakan hal yang wajar bagi suku Mandar.

Bagi Anda yang penasaran, cita rasa bau peapi adalah perpaduan dari rasa asam, pedas dan gurih. Oleh karena itulah banyak orang yang mencoba bau peapi menjadi ketagihan.

Pembuatan bau peapi sendiri juga menggunakan beragam bumbu lokal yang memberikan rasa ciri khas. Cita rasa bau peapi akan semakin keluar jika dimasak menggunakan cara tradisional.

Penggunaan cara tradisional dalam membuat makanan khas Sulawesi Barat ini juga yang membuat cita rasa bau peapi tetap otentik. Karena pemasakan menggunakan kuali dan bumbu memang berbeda dengan kompor modern.

Proses pemasakan bau peapi dilakukan dengan mencampur semua bumbu, ikan dan juga minyak kelapa ke dalam kuali. Lalu setelah kuah berubah warna menjadi kekuningan, bau peapi siap disajikan.

Sebagai hidangan yang diwariskan oleh leluhur, suku Mandar memiliki kebanggaan tersendiri terhadap masakan ini. Terlebih untuk membuat bau peapi menggunakan beragam bumbu dan minyak asli tanah Mandar.

Indonesia memang merupakan negara dengan kekayaan bahari yang begitu luar biasa. Hal ini membuat kuliner olahan ikan khas Indonesia begitu banyak seperti salah satunya adalah bau peapi.

Dengan menggunakan bumbu dan minyak kelasa asli tanah Mandar, bau peapi memiliki cita rasa khas yang nikmat. Sehingga wajar jika banyak orang yang merindukan mencoba makanan khas Sulawesi Barat ini.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *