Makanan Khas Sulawesi Tengah

Budayanesia, bila kita teringat suatu daerah di indonesia , kita pasti langsung bertanya , apakah makanan khas daerah tersebut? Nah, kali ini kami akan merangkum beberapa makanan khas sulawesi tengah berikut cerita dan sedikit sejarah nya.

Makanan khas bisa kita temui di berbagai wilayah di indonesia, tentunya di wilayah sulawesi tengah juga terdapat makanan khas sulawesi tengah yang sayang sekali kalau kita lewatkan.

Yuk, langsung aja kita bahas apa aja sih makanan khas yang paling terkenal dan melegenda di daerah sulawesi tengah.

1. Sup Kaledo

Makanan Khas Sulawesi Tengah
sumber: wikimedia.org

Di urutan pertama ada makanan yang berbahan dasar kaki sapi yang di olah menjadi sup. Makanan khas sulawesi tengah yang satu ini benar-benar bisa menggugah selera, pasalnya dari segi tampilan nya saja sudah bisa membangkitkan gairah untuk segera memakan nya.

Biasanya , orang menyantap sup kaledo dengan nasi jagung dan perpaduan rasa pedas segar dari supnya, dan manis dari nasi jagung nya membuat sensasi makan yang luar biasa.

Sup kaledo juga tidak hanya kaki sapi saja, bahkan ada babat dan juga jeroan yang tercampur di dalamnya. Membuat cita rasa sup ini semakin terasa.

Dinamakan kaledo karena tekstur daging dalam sup ini terbilang lembut artinya tidak keras, walaupun masih menyatu dengan tulang nya tetapi tidak mengurangi kelembutan daging itu sendiri. Terlebih bahan yang di campurkan pada sup kaledo ini sangat kental akan rempah nya, dimana campuran pedas dan gurihnya sangat terasa. Cocok untuk pecinta pedas juga tentunya.

2. Sup Upemvoi

makanan khas sulawesi tengah
sumber: merahputih.com

masakan ke dua kita masih akan membahas sup, walaupun terlihat sama tetapi sup yang satu ini tentunya berbeda. Dari segi daging yang digunakan , sup upemvoi dibuat dari bahan dasar tulang rusuk, dan keunikan pada sup umpevoi ini sudah bisa kita lihat dengan tampilan nya yang berwarna ke coklatan. Berbeda dengan sup pada umumnya yang berwarna lebih bening, sup  umpevoi ini memiliki ciri khas warna sup nya yang lebih ke coklatan.

Kenapa warna nya berbeda dengan sup pada umumnya, ternyata terletak pada penggunaan bahan nya. Bahan yang digunakan yaitu asam jawa yang membuat warnanya sedikit kecoklatan dan membuat efek lebih segar dari air sup ini.

Ada hal unik lain dari cara pembuatan sup umpevoi ini, sup umpevoi ini dibuat dengan menggunakan api yang di hasilkan dari kayu. Ya, bukan dimasak menggunakan kompor gas, tetapi lebih ke menggunakan kayu bakar. Dan memasak nya pun tergolong lebih unik yaitu dengan menggunakan tempurung kelapa agar menambah rasa yang kuat dari buah kelapa tersebut. Sup ini biasanya disajikan saat msaih hangat, agar menambah nafsu makan.

3. Sup Milu Siram

makanan khas sulawesi tengah
sumber: cookpad.com

Makanan yang tergolong khas dan unik selanjutnya yaitu milu siram, terdengar seperti makanan yang mengandung kuah. Milu siram ini sejenis sup tetapi yang membedakan dari sup yang kita bahas sebelumnya adalah sup ini berbahan dasar jagung, dan lauk yang di sajikan dengan sup milu siram ini biasanya seperti ikan ataupun udang. Sesuai keinginan kita. Milu siram biasanya dibuat dengan berbagai macam rasa, seperti asin, pedas dan manis.

Hal unik lain yaitu, sebagian orang percaya bahwa sup milu siram ini dapat menurangi kolesterol jahat pada tubuh kita. Nama lain dari milu siram yaitu binte biluhuta. Akan terdengar asing bagi orang dari luar daerah ini. Tetapi banyak wisatawan luar daerah yang berkunjung ke sulawesi tengah hanya ingin mencicipi hidangan sup jagung yang khas ini.

4. Makanan khas Kapurung

makanan khas sulawesi tengah
sumber: resepkoki.id

Makanan khas yang unik lain nya adalah kapirung, kapurung termasuk jenis makanan yang bahan dasar nya sayur sayuran segar yang di campur. Biasanya terdiri  dari jantung pisang yang di rebus dan dipotong potong, ada juga bayam, kacang panjang, kangkung dan sayuran lainnya.

Kapurung dissajikan dengan berbagai macam  tergantung lauk nya. Ada kapurung ikan , kapurung ayam terakhir kapurung udang.

Kapurung di sajikan sebagai sayuran yang bisa didampingi oleh cacahan ikan atau busa juga dengan sagu dan kuah asam.

Sangat khas ya makanan yang satu ini, kalau anda tertarik untuk mencicipi nya, anda bisa menikmatinya dengan kisaran harga 20ribuan satu porsi nya.

5. Sup uvempoi

Uvempoi adalah salah satu masakan yang populer di sulawesi khusus nya di daerah palu, uvempoi hampir sama dengan sup daging pada umumnya , tetapi yang membedakan hanya daging yang digunakan adalah bagian tulang rusuk sapi.

Dahulu sup uvempoi sering di sajikan untuk pejabat pejabat yang berkunjung ke sulawesi tengah . bahkan menteri pada zaman presiden kedua sering di suguhkan masakan sup uvempoi ini. Dan hampir semua nya menyukai masakan sup yang segar ini.

6. Bubur tinutuan

tinutua
sumber: id.wikipedia.org

Masakan ini lebih ke tekstur bubur , tetapi berbeda dengan bubur pada umumnya yang menggunakan bahan dasar beras saja. Tetapi bubur ini dibuat dengan bahan dasar jagung muda dan campuran nya pun lebih banyak sayuran sayuran dan umbi umbian, seperti ubi, labukuning,kangkung daun kemangi juga termasuk bahan ke dalam nya.

Untuk sajian nya bubur ini biasanya di dampingi dengan sambal dari ikan roa atau perkedel, juga bakwan.

Bubur tinutuan termasuk ke dalam salah satu makanan yang menyehatkan, karena terkandung banyak sayuran di dalam nya.

7. Sup ikan Palumara

palumara
sumber: commons.wikimedia.org

Yang terakhir ada sup ikan palumara, yang unik dalam menyajikan sup ikan ini dari segi ikan yang di pilih berbeda beda.. sup palumara di buat oleh suku kaili yang sebagian besar penduduk sulawesi tengah.

Ikan yang di pilih sebagai bahan untuk membuat sup ini bisa dari ikan tongkol, bandeng, dan kakap merah.

Sup palumara ini dipercaya berkhasiat untuk mencegah penyakit jantung, dan mengandung vitamin a dan juga dipercaya membuat imunitas tetap terjaga. Bahkan omega 3 juga terkandung karena berbahan dasar ikan. Dan banyak yang menyarankan kalau ikan yang digunakan lebih baik ikan kakap merah.

Yang sering menjadi bagian terlezat menurut orang kebanyakan adalah bagian kepala nya.karena tekstur nya yang penuh dengan protein.

Biasanya sup ikan ini bercita rasa asam segar dengan rempah yang melimpah menjadikan kuah sup ikan palumara ini menjadi lebih kental.

Masakan sup ikan palumara ini merupakan makanan khas yang selalu ada di wisata kuliner yang khas dari nusantara. Karena slah satu tradisi sekaligus warisan yang selalu dilestarikan agar para pelancong dari luar daerah sulawesi bahkan dari luar negeri juga bisa merasakan msakan khas yang satu ini.

Demikian telah kami rangkum, makanan khas sulawesi tengah dengan berbagai keunikan nya. Dan kalau mampir ke sulawesi tengah , tidak ada dalah nya kita menikmati kuliner khas nusantara.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *