Makanan Khas Kalimantan Selatan

  • Budayanesia
  • Okt 21, 2022
Makanan Khas Kalimantan Selatan

Ada beragam jenis makanan khas Kalimantan Selatan yang lezat dan dapat disantap ketika berada di Provinsi tersebut. Perlu diketahui bahwa Kalimantan Selatan bukan hanya populer dengan pasar terapungnya, namun juga memiliki aneka kuliner yang khas dengan rasa yang unik.

Bagi para wisatawan yang berkunjung ke Kalimantan Selatan, jangan lupa untuk mencicipi ragam kuliner khas daerah tersebut. Sebab, akan sangat sayang jika hanya berwisata tanpa berburu kuliner yang unik dan khas dari Kalimantan Selatan.

Makanan Khas Kalimantan Selatan

Apa saja makanaan khas Kalimantan Selatan yang layak untuk dicoba? Jika bingung, pilih aneka kuliner yang akan direkomendasikan di bawah ini:

1. Makanan Khas Kalimantan Selatan : Soto Banjar

Makanan Khas Kalimantan Selatan

Indonesia memang terkenal sebagai salah satu Negara penghasil rempah-rempah terbanyak di Asia. Hal ini membuat keragaman kuliner asal Indonesia semakin bervariasi, salah satunya yaitu soto. Kalimantan Selatan memiliki soto asli daerah tersebut yang bernama soto banjar.

Soto banjar merupakan makanan suku Banjar, Kalimantan Selatan. Sekilas, soto ini memang mirip dengan soto pada umumnya yang ada di Indonesia. Namun, soto banjar cenderung unik karena memadukan aneka ragam rempah-rempah, sehingga menghasilkan rasa yang sangat lezat.

Bahan-bahan tambahan yang digunakan dalam membuat soto banjar yaitu biji pala, kayu manis, dan cengkih. Tentunya, soto banjar juga dilengkapi dengan suwiran ayam sebagai bahan utamanya.  makanan memiliki aroma yang sangat khas, sehingga menggugah selera untuk lekas menyantapnya.

2. Makanan Khas Kalimantan Selatan : Ketupat Kandangan

Makanan Khas Kalimantan Selatan

Sesuai dengan namanya, ketupat kandangan merupakan hidangan yang terbuat dari ketupat. Perbedaannya dengan ketupat pada umumnya yaitu makanan ini disajikan bersama dengan ikan gabus.

Ikan gabus diolah dengan cara dipanggang terlebih dahulu sebelum dimasak memakai santan. Selanjutnya, ikan gabus dan kuahnya dituangkan ke piring yang berisi ketupat.

Adapun bahan yang digunakan untuk membuat kuahnya menggunakan bumbu-bumbu tradisional. Beberapa di antaranya yaitu pala, cengkih, kayu manis, dan kapulaga. aneka bumbu tersebut dapat menjadikan kuah lebih kental dan rasanya sangat gurih.

3. Apam Batil

Makanan Khas Kalimantan Selatan

Jika menjelajah ke Provinsi Kalimantan Selatan, jangan lewatkan untuk menyantap apam batil. Apalagi jika memiliki adik atau anak yang masih kecil, dijamin pasti sangat menyukai makanan yang satu ini. Apam batil merupakan sejenis kue tradisional asal Kalimantan Selatan.

Masyarakat Banjar menyebut kue ini dengan sebutan surabi. Apam batil termasuk warisan nenek moyang dari Suku Banjar yang hingga kini masih tetap dilestarikan. Umumnya, apam batil disantap menggunakan tangan dan tidak perlu menggunakan sendok.

Kue yang satu ini juga dapat dijadikan sebagai buah tangan untuk diberikan kepada keluarga atau sanak saudara. Oleh-oleh makanan khas Kalimantan Selatan ini dapat menjadi hadiah spesial untuk orang-orang tercinta.

4. Kalangkala

Kalangkala

Kalangkala merupakan sejenis sayuran berkuah yang cara penyajiannya cukup sederhana. Walaupun dianggap sebagai sayur, perlu diketahui bahwa bahan utama pembuatan makanan ini adalah buah yang tidak lain adalah buah kalangkala.

Karakteristik makanan khas Kalimantan Selatan ini yaitu berbentuk bulat, berwarna merah muda saat matang, dan tumbuh di kawasan hutan kalimantan. Tekstur dari buah ini terasa lembut dan hampir mirip dengan alpukat. Umumnya, buah ini dimakan bersama dengan kuah pedas.

Jika tidak suka pedas, makanan ini juga dapat dinikmati tanpa rasa pedas, tergantung dengan selera masing-masing orang. makanan ini paling lezat disantap bersama minuman khas Kalimantan Selatan seperti es jagung atau es nangka selasih.

5. Iwak Samu

Iwak Samu

Iwak samu merupakan makanan khas asal Kalimantan Selatan yang berupa hewan laut. Dalam bahasa Banjar, samu artinya proses pengasinan ikan dengan cara dibumbui kunyit, garam, dan beras sangria. Selanjutnya, olahan ikan ini ditumbuk dengan kasar.

Adapun ikan yang umumnya dipilih untuk disamu yaitu ikan sepat, ikan gabus, ikan papuyu, dan ikan saluang. Iwak samu dapat disantap bersama dengan nasi, sambal, lauk, maupun sayur. Iwak samu baru dapat dikonsumsi setelah diogreng terlebih dulu sampai matang.

Makanan khas Kalimantan Selatan memang sangat menggoda untuk disantap, baik hasil kebunnya maupun hasil lautnya. Manjakan lidah dengan aneka kuliner khas Kalimantan Selatan yang tentunya sangat lezat untuk disantap bersama keluarga.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.