Makanan Khas Kalimantan Tengah

  • Budayanesia
  • Okt 22, 2022
Makanan Khas Kalimantan Tengah

Secara umum, makanan terlahir dari budaya yang ada di suatu daerah. Indonesia yang memiliki ragam suku dan tradisi menjadi alasan mengapa kuliner di negara ini begitu melimpah. Salah satunya yaitu makanan khas Kalimantan Tengah yang membawa nuansa kedaerahan dalam cita rasanya.

Makanan asli Kalimantan Tengah terpengaruh dari tiga etnis yang dominan, yakni Jawa, Dayak, dan banjar. Kuliner di daerah ini begitu kaya akan bumbu dan rempah, sehingga membuatnya selalu dirindukan.

Makanan Khas Kalimantan Tengah Paling Enak

Pariwisata alam yang begitu menawan membuat Kalimantan Tengah menjadi salah satu tujuan  para turis lokal maupun asing untuk berwisata. Jika berkunjung ke Provinsi tersebut, pastikan untuk mencicipi kuliner khas di bawah ini:

1. Kalumpe

Makanan Khas Kalimantan Tengah

Kalumpe memiliki tampilan yang mirip sayur daun singkong di Jawa dan Sumatera Barat. Seperti halnya sayur daun singkong, makanan khas Kalimantan Tengah kalumpe juga terbuat dari bahan utama yang sama. Hanya saja, cara pengolahan kalumpe yaitu dengan ditumbuk lebih halus.

Makanan khas Suku Dayak ini dihidangkan bersama kuah kental yang dibuat dari campuran rempah seperti serai, bawang merah, bawang putih, lengkuas, kayu manis, dan cabai.

2. Hintalu Karuang

Makanan Khas Kalimantan Tengah

Hintalu karuang merupakan makanan khas Kalimantan Tengah yang tampilannya mirip dengan biji salak. Hintalu artinya telur dan karuang artinya kelelawar. Namun tidak perlu cemas karena makanan asal Palangkaraya ini tidak memakai bahan yang berasal dari kelelawar.

Bahan utama yang digunakan untuk membuat hintalu karuang yaitu tepung ketan. Makanan ini disajikan bersama santan dan gula merah seperti halnya biji salak. Makanan yang satu ini paling nikmat disantap di pagi hari untuk sarapan.

3. Keripik Kelakai

Makanan Khas Kalimantan Tengah

Makanan asli Kalimantan Tengah yang berikutnya adalah keripik kelakai. Makanan yang satu ini paling cocok dinikmati saat bersantai atau dinikmati saat berwisata ke tempat-tempat eksotis di Kalimantan Tengah.

Perlu diketahui bahwa makanan yang satu ini hanya dapat ditemukan di kawasan Kalimantan Tengah. Keripik ini terbuat dari tanaman kelakai yang memiliki kandungan gizi melimpah. Berbagai nutrisi seperti Vitamin C, zat besi, dan beta karoten, ada dalam camilan keripik kelakai.

Selain lezat, tanaman kelakai juga berkhasiat untuk mengobati diare dan menambah darah. Bahkan, makanan alami ini juga diklaim mampu menjaga kulit agar awet muda. Makanan ini sangat cocok dijadikan oleh-oleh khas Kalimantan Tengah untuk keluarga ataupun sahabat.

4. Kenta

Kenta

Kenta termasuk kuliner khas suku Dayak yang sangat unik dan digemari oleh para wisatawan. Karakteristik makanan khas Kalimantan Tengah ini terbuat dari ketan yang digunakan sebagai bahan utama. Proses pembuatannya yaitu dengan merendam ketan selama satu jam dan selanjutnya disangrai sampai matang di atas kayu bakar.

Jika telah matang, kenta disajikan bersama dengan gula pasir, air kelapa, dan parutan kelapa. Bagi wisatawan yang gemar dengan makanan manis, maka kenta dapat dijadikan pilihan untuk di santap ketika di Kalimantan Tengah.

5. Kue Gagatas

Kue Gagatas

Seperti makanan khas lain, kue gagatas juga berasal dari beras ketan. Makanan ini sangat mudah ditemukan di pasar tradisional dengan harga yang sangat terjangkau.

Karakteristik makanan ini yaitu berbentuk pipih dan lonjong. Kue gagatas ini juga sangat cocok dikonsumsi bersama minuman khas Kalimantan Tengah seperti es coklat aren atau es gula asam di pagi hari.

Berwisata tanpa menikmati makanan khas Kalimantan Tengah tentu akan kurang lengkap rasanya. Oleh karena itu, berbagai kuliner yang disebutkan di atas dapat dijadikan referensi berburu hidangan ketika melancong ke Kalimantan Tengah.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.