Makanan Khas Kalimantan Utara

  • Budayanesia
  • Okt 22, 2022
makanan khas kalimantan utara

Makanan khas Kalimantan Utara tidak kalah lezat dengan kuliner asal daerah lain. Kuliner asal Kalimantan Utara selalu identik dengan kebudayaan dan tradisi yang ada di wilayah tersebut.

Kalimantan Utara merupakan salah satu provinsi yang mempunyai keragaman makanan dengan cita rasa yang lezat dan menggoda. Bahkan, tidak jarang para wisatawan datang ke Kalimantan Utara untuk sekadar berburu makanan khasnya.

Makanan Khas Kalimantan Utara

Selain menikmati budaya Kalimantan Utara, wisatawan juga dapat menikmati beragam kuliner dari daerah tersebut. Jika bingung untuk memilih makanan mana yang akan dijadikan santapan, cobalah beberapa kuliner unik di bawah ini:

1. Kepiting Soka

makanan khas kalimantan utara

Kepiting soka adalah salah satu makanan yang dapat dinikmati jika berkunjung ke Kalimantan Utara.. Makanan ini menjadi salah satu hidangan favorit para pecinta seafood karena cita rasanya yang lezat.

Selain lezat, hidangan yang satu ini sangat bergizi karena mengandung mineral, protein dan vitamin yang cukup tinggi. Bukan hanya itu, kepiting soka juga mengandung rendah lemak, sehingga baik untuk dikonsumsi oleh tubuh.

Kuliner ini, paling enak disajikan dalam bentuk tumis, sehingga bumbu akan mudah meresap. Pasalnya, kepiting ini mempunyai kulit yang lembut. Dan dagingnya akan mudah berbau dengan bumbu-bumbunya.

2. Tudai

makanan khas kalimantan utara

Tudai merupakan hidangan sejenis kerang yang banyak dijumpai di Tanjung Selor, Kalimantan Utara. Tudai mempunyai cangkang berwarna jingga dan hitam serta daging yang tebal. Agar bisa menyantap kuliner ini, kunjungilah kawasan Bulungan karena di wilayah ini banyak warung yang menjual tudai.

Perlu diketahui bahwa cara membuat tudai cukup sederhana karena hanya perlu direbus. Selain itu, makanan Kalimantan ini juga bisa disajikan bersama sambal goreng. Kuliner ini umumnya dihidangkan di acara-acara tertentu, seperti acara pernikahan.

3. Sate Ikan Pari

makanan khas kalimantan utara

Pecinta seafood wajib mencoba kuliner yang satu ini ketika berpelancong ke Kalimantan Utara. Menyantap olahan sate ikan pari tentu memberikan pengalaman kuliner yang berbeda dari biasanya. sate ikan pari juga dapat dipilih sebagai oleh-oleh khas Kalimantan Utara yang lezat dan bergizi.

Jika umumnya bahan utama dalam membuat sate adalah daging ayam atau daging kambing, lain halnya dengan kuliner khas Kalimantan Utara ini yang menjadikan ikan pari sebagai bahan dalam membuat sate.

Hal ini tidak mengherankan, mengingat Kalimantan Utara memiliki kawasan perairan yang luas. Ikan pari banyak ditemukan di kawasan sungai Sesayap, Kalimantan Utara. Masyarakat yang tinggal di kawasan tersebut terbiasa memancing ikan pari untuk dijadikan sebagai lauk pelengkap nasi.

4. Tumis Kapah

Tumis Kapah

Jika sedang berlibur ke Kalimantan Utara, jangan lupa untuk menyantap kuliner laut tumis kapah. Makanan yang satu ini cukup populer di Kota Tarakan, Kalimantan Utara. Tumis kapah berasal dari bahan dasar kapah yang mengandung banyak protein.

Oleh karena itu, makanan khas Tarakan ini kerap diburu karena mampu memenuhi asupan protein yang diperlukan oleh tubuh. Umumnya, cara mengolah makanan ini dengan cara dicampur dengan aneka bumbu dan ditumis, sehingga semakin menambah kelezatannya.

Bahan-bahan yang diperlukan yaitu bawang putih, bawang merah, jeruk nipis, dan penyedap rasa.. Agar semakin nikmat, tumis kapah dapat disantap bersama dengan segelas es kelapa seperti yang dilakukan oleh penduduk setempat agar sensasi kuliner khas Kalimantan Utara akan semakin terasa.

5. Nasi Udang

Nasi Udang

Kuliner laut memang menjadi ciri khas di daerah Kalimantan Utara. Salah satu kuliner yang tidak boleh ketinggalan untuk disantap yaitu nasi udang. Makanan yang satu ini sangat populer, khususnya di Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara.

Kabupaten yang satu ini dilalui oleh sungai yang indah dan bersih, sehingga menjadi tempat yang baik untuk perkembangbiakan udang. Cara penyajiannya cukup sederhana karena hanya membutuhkan udang goreng dan nasi pulen.

Makanan ini cocok disantap bersama minuman khas Kalimantan Utara, salah satunya yaitu Teh Bunga Malinau. Jadi, sensasi menyantap hidangan khas Kalimantan Utara akan semakin mengesankan.

Makanan khas Kalimantan Utara memang sangat layak untuk disantap saat sedang berkunjung ke daerah tersebut. Kebanyakan makanan yang dikonsumsi oleh warga setempat memang berjenis makanan laut, sehingga akan memberikan pengalaman kuliner mengesankan untuk para wisatawan.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.