makanan khas Pekanbaru

  • Budayanesia
  • Jun 24, 2022
makanan khas Pekanbaru

Pekanbaru yang merupakan ibukota Provinsi Riau menyimpan segudang keindahan budaya dan wisatanya yang menarik. Selain itu, yang tak kalah menarik untuk dijelajahi adalah wisata kulinernya, yakni makanan khas Pekanbaru yang sangat beragam.

Makanan-makanan ini wajib Anda coba jika berkunjung ke sana, mulai dari sekadar main-main atau memang berniat untuk berlibur. Agar tidak penasaran, berikut beberapa rangkuman mengenai panganan khas Pekanbaru yang menarik untuk dicicipi.

Makanan Khas Pekanbaru yang Menggugah Selera

Banyaknya makanan yang bisa dibawa pulang saat kembali dari Pekanbaru akan memudahkan Anda ketika hendak membawa buah tangan untuk keluarga di rumah.

Berikut beberapa rekomendasi jajanan dan makanan asal Pekanbaru yang dari tampilannya saja sudah menggugah selera.

1. Amplang Tenggiri

makanan khas Pekanbaru

Amplang merupakan panganan yang terbuat dari ikan tenggiri atau udang. Amplang tenggiri kerap menjadi cemilan teman nonton bola atau nonton TV di rumah. Rasanya yang nikmat dan gurih membuat ketagihan lagi dan lagi ketika menikmatinya.

Cara membuat amplang ialah dengan menghaluskan ikan tenggiri terlebih dahulu, setelah itu tambahkan dengan tepung beras beserta bumbu-bumbu pelengkapnya. Rasa khas dari amplang tenggiri tidak bisa Anda jumpai pada jajanan khas yang lainnya.

2. Dodol Kedondong

makanan khas Pekanbaru

Tak hanya di Pulau Jawa, rupanya Pulau Sumatera juga punya jajanan khas berupa dodol, salah satunya adalah dodol kedondong khas Pekanbaru, Riau. Dodol ini terbilang unik karena menambahkan kedondong untuk memperkaya cita rasanya.

Dodol ini rasanya begitu beragam, mulai dari campuran manis, asin, dan tentunya rasa asam segar dari buah kedondong. Jajanan ini cocok dijadikan sebagai teman minum teh saat menikmati suasana kebersamaan dengan teman maupun keluarga.

3. Kue Bangkit

makanan khas Pekanbaru

Kue bangkit merupakan kudapan khas Pekanbaru yang memiliki rasa gurih dengan teksturnya yang halus dan lembut ketika masuk ke dalam mulut. Tampilan kue bangkit berwarna putih kekuningan dengan hiasan di atasnya berupa mahkota berwarna merah.

Banyaknya varian kue bangkit yang dijual di toko oleh-oleh semakin membuat kue ini banjir peminat. Sekarang sangat mudah menemukan jajananan ini di toko yang dekat dengan lokasi wisata di Pekanbaru.

4. Roti Canai

roti canai

Nama roti canai memang sudah banyak dikenal orang-orang di mana saja, namun tidak banyak yang tahu kalau roti ini berasal dari Pekanbaru. Roti ini kerap disebut juga dengan roti maryam, yakni sejenis roti berbentuk pipih yang tidak memakai pengembang.

Biasanya roti canai tidak dinikmati begitu saja tanpa pelengkap, melainkan menjadi makanan selingan yang disajikan dengan bahan pelengkap lainnya. Menikmati roti canai dengan segelas minuman hangat akan membuat perut merasa lebih baik.

5. Nasi Lemak

Nasi Lemak

Meskipun mungkin tidak bisa dijadikan buah tangan untuk orang-orang di rumah, makanan yang satu ini tak ada salahnya Anda coba ketika ada di Pekanbaru. Nasi lemak merupakan sebutan untuk makanan yang terbuat dari beras yang dimasak dengan santan seperti halnya nasi uduk.

Nasi ini juga bisa ditemui di Malaysia karena memang merupakan salah satu tradisi orang Melayu yang gemar memasak nasi dengan tambahan santan kelapa. Rasanya yang gurih semakin enak dinikmati dengan lauk pauk seperti ikan teri, telur rebus, sambal, ayam bakar, dan lain sebagainya.

Cocok sekali untuk makan di waktu apa saja dengan teman minum apa saja, namun paling nikmat adalah es teh.

Aneka ragam makanan khas Pekanbaru bisa Anda coba karena tidak akan membuat kecewa setelah pulang liburan ke rumah. Yang terpenting, harga jajanan maupun makanan di atas sangat terjangkau dan tidak akan membuat Anda tekor.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.