Makanan Tradisional Aceh

  • Budayanesia
  • Jan 18, 2023
makanan tradisional Aceh

Makanan yang ada di Indonesia memang identik dengan cita rasanya yang unik karena dibuat dengan bumbu rempah-rempah, salah satunya kuliner tradisional Aceh. Makanan tradisional Aceh memiliki banyak variasi, beberapa di antaranya sangat populer di Indonesia.

Kepopuleran tersebut tak hanya karena rasanya yang enak, tapi memang unik dan tidak bisa disamakan dengan makanan di daerah lainnya. Untuk menjawab rasa penasaran Anda, berikut ulasan singkat mengenai makanan tradisional populer yang berasal dari Aceh.

Makanan Tradisional Aceh Paling Terkenal

Bagi wisatawan muslim, Aceh menjadi destinasi wisata yang aman karena tidak perlu khawatir mengenai jaminan halal makanan di daerah tersebut.

Berikut beberapa makanan Aceh paling populer yang patut Anda coba cicipi dan penjelasannya masing-masing.

1. Kuah Masam Keu-Neung

Makanan Tradisional Aceh

Aceh memang juaranya dalam menyediakan makanan khas yang berkuah sedap, sebut saja contohnya kuah masam keu-neung. Kuliner ini terbuat dari ikan yang dibumbui dengan bumbu kuning yang terlihat menyegarkan.

Seperti namanya, masakan ini rasanya asam, pedas, dan kuahnya terasa segar jika dimakan dengan sepiring nasi hangat di siang hari atau saat cuaca dingin. Anda wajib mencoba makanan ini jika datang ke Aceh karena dijamin akan suka.

2. Mie Aceh

Makanan Tradisional Aceh

Mie Aceh menjadi kuliner tradisional Nangroe Aceh Darussalam yang paling terkenal di seluruh penjuru Indonesia. Mie yang satu ini menjadi salah satu varian rasa dari merek mie instan paling terkenal di Indonesia, sehingga semakin banyak orang yang mengenalnya.

Terdapat dua varian mie Aceh yang bisa Anda coba, yakni mie Aceh kuah dan mie Aceh goreng. Selain itu, Anda juga bisa memilih aneka topping pelengkap seperti seafood, kepiting, dan daging sapi yang bisa membuat mie Aceh kian nikmat disantap.

Rasa pedas yang bercampur dengan gurihnya topping membuat mie Aceh kian otentik nikmatnya.

3. Rujak Aceh

Makanan Tradisional Aceh

Setelah lelah berjalan-jalan di Aceh tak ada salahnya untuk mencoba rujak segar dari Aceh ini. Keunikannya ada pada tambahan buah rumbia dan parutan es batu sehingga sensasi segar dari buah-buahan akan berpadu dengan dinginnya es batu.

Belum lagi siraman saus rujak Aceh yang manis berpadu pedas ini akan semakin menggoyang lidah Anda ketika menyantapnya.

4. Kuah Sie Itek

Kuah Sie Itek

Untuk Anda yang suka dengan daging itik, kuah sie itek bisa menjadi makanan yang wajib dicicipi di Aceh. Meskipun ada banyak makanan yang terbuat dari itik, kuah sie itek ini dibuat dengan resep yang berbeda pada bagian bumbu-bumbunya.

Rasanya dijamin akan membuat Anda ketagihan karena memang sangat berbeda dengan hidangan lainnya. Anda akan mendapatkan sensasi makan olahan itik yang berbeda dari makanan sebelumnya yang mungkin sudah pernah dicoba.

5. Ungkot Kemamah

Ungkot Kemamah

Satu lagi kudapan tradisional Aceh yang wajib dicicipi adalah ungkot kemamah. Kudapan ini dibuat dari ikan tuna rebus yang dikeringkan. Tampilan ungkot kemamah ini sekilas seperti abon basah dengan tambahan cabai hijau di atasnya.

Cara membuatnya ialah dengan mencampurkan ikan tuna kering tersebut dengan santan kelapa, cabai hijau, kentang, serta bumbu rempah-rempah. Cita rasanya sangat menarik dan mampu memanjakan lidah dengan sensasi rempah-rempah Indonesia yang begitu kuat.

Hidangan ini sangat cocok dinikmati dengan sepiring nasi putih panas dan es teh atau es jeruk yang pastinya akan membuat lidah menari-nari.

Masih banyak lagi makanan tradisional Aceh yang bisa dicoba, namun kelima makanan di atas adalah yang paling terkenal dari keseluruhannya. Ada lagi jadah lemang, kembang loyang, dan lainnya yang bisa langsung Anda cicipi ketika berkunjung ke Kota Serambi Mekah ini.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.