Papeda Berasal Dari Daerah

Papeda Berasal dari Daerah Papua dan juga maluku, bahkan daerah sulawesi. makanan yang khas ini berbahan dasar sagu dan menjadi makanan yang biasa di jadikan menu pendamping makanan seperti lauk pauk lain nya.

Berbeda dengan papeda yang biasa kita temui di pedagang pedagang yang biasa berkeliling atau sering kita temui di pasar. Biasanya papeda yang di jual sudah dimodifikasi sebagai jajanan yang campur dengan bahan telur dan lain nya.

Seiring perkembangan nya , papeda semakin banyak variasi rasa nya, mulai dari pedas manis dan lain nya.

Tetapi tahukah anda asal pertama kali makanan papeda dan daerah nya? Di kesempatan kali ini kita akan membahas tentang papeda berasal dari daerah mana dan keunikan makanan khas ini. Yuk, langsung aja kita simak

Inilah beragam Keunikan Papeda

Papeda Berasal Dari Daerah
Sumber gambar : kompas.com

Beragam keunikan dari makanan papeda,bukan hanya makanan khas biasa tetapi ternyata banyak manfaat yang bisa kita dapat ketika mengkonsumsi makanan khaas yang satu ini. Kita akan membahas asal makanan papeda, manfaatnya, nama papeda di setiap daerah, cara membuat nya , hingga cara penyajian nya. langsung aja kita simak

  1. Asal Makanan Papeda

Ada beberapa daerah yang menggunakan bahan sagu sebagai bahan utama untuk makanan pokok, diantara nya papua, maluku, wilayah sulawesi dan sekitarnya. Tetapi sebenarnya darimana pertama kali makanan papeda ini berasal?

di kutip dari wikipedia.org Menurut “Johszua robert mansoben” selaku ketua dari lembaga riset papua mengklaim bahwa papeda lebih banyak dikenal karena trradisi masyarakat yang menggunakan bahan sagu, maka dari itu papeda tercipta dan menjadi bahan utama atau bahan pokok di masyarakat khusunya masyarakat abrab, sentani, atau sekitar danau sentani hingga wilayah manokwari. Menggunakan bahan pokok sagu sebagai bahan membuat papeda dan menjadi tradisi yang samai saat ini masih berlangsung.

Papeda biasa disajikan dengan berbagai macam jenis lauk, seperti ikan tongkol dan beragam ikan jenis lain bahkan ikan kakap, sampai ikan kue.

Selain itu papeda juga sering di sajikan dengan makanan  yang berkuah, seperti ikan kuah kuning. Papeda juga biasa dinikmati dengan sayuran yang terbuat dari daun melinjo dan dijadikan makanan yang dibuat ditumis dengan daun pepaya muda dan bahan lainnya.

  1. Manfaat Papeda khas

Tak hanya lezat, papeda ternyata juga dipercaya bisa meringankan bahkan katanya bisa menghilangkan penyakit seperti batu ginjal. Karena papeda memiliki tekstur yang bisa membersihkan organ dalam manusia. Untuk yang memounyai kebiasaan merokok pepeda dipercaya juga bisa membuat paru paru menjadi lebih bersih secara bertahap, dan bahkan jika rutin mengkonsumsi papeda ini juga bisa mencegah mengerasnya pembuluh darah. Dan masih banyak lagi manfaat mengkonsumsi papeda khas makanan tradisional ini.

Papeda juga dipercaya bisa mengatasi sakit kembung pada lambung dan sakit padda ulu hati.

Tidak hanya itu papeda termasuk kedalam kuliner khas nusantara yang menjadi bagian dari warisan nenek moyang di nusantara.

Papeda menjadi incaran wisatawan yang sedang berkunjung ke daerah timur, dan biasanya para pelancong mencari kuliner khas yang unik dan belum pernah ditemui sebelumnya.

  1. Papeda Dan nama di setiap daerah

Walaupun papeda yang asli dari daerah cenderung tawar tetapi tidak menhilangkan cita rasa nya yang khas, karrena sayur atau lauk yang menjadi pelengkapnya itu yang memiliki ciri khas yang kental.

Papeda biasa di sebut di daerah timur atau papua, sedangkan di wilayah lain seperti sulawesi olahan sagu ini di namakan kapurung.

Kapurung memiliki sajian yang tidak jauh berbeda dengan papeda dari daerah papua, karena penyajian nya masih menggunakan olahan ikan kuah dan sayuran.

Yang membedakan kapurung dan papeda yaitu cara olahan nya dengan cara di bulatkan terlebih dahulu menggunakan lidi dan di di bagi menjadi beberapa bagian kemudian setelah itu langsung dimasukan kedalam kuah yang berisi lauk, ataupun sayuran . biasanya kapurung di konsumsi oleh orang yang sedang menjalankan program diet karena memiliki kandungan yang lebih rendah lemak.

olahan sagu juga banyak di temui di wilayah jawa dan sekitarnya. Dan yang menjadi pembeda dari olahan sagu ini yaitu pada cara memasak nya.

Jika suku adat dari papua menyajiikan papeda sebagai bahan maknaan pokok dan dimakan dengan mengguanakan olahan ikan dan sayur, lain halnya dengan papeda yang di olah d daerah jawa.

Papeda dijadikan sebagai olahan jajanan pinggir jalan sampai jajanan anak sekolah yang di jajakan pedagang. Bahkan sekarang papeda sangat beragam bentuk dan rasa nya.

  1. Cara Menyajikan dan mengolah papeda

Cara mengolah papeda tergolong cukup mudah, Pertama tumis kangkung lalu haluskan bawang putih, bawang merah,daun jeruk hingga kemangi, lalu di tumis hingga harum, lalu tambahkan air dan diamkan sampai airnya mendidih. Setelah itu masukan air santan yang kental. Aduk sagu hingga menjadi kental.

Untuk lauknya  bisa menggunakan ikan, sipakan ikan terlebih dahulu setelah itu bersihkan . siapkan wajan dan minyak lalu goreng cukup setengah matang aja.

Siapkan bumbu yang sudah dihaluskan jangan lupa mnambahkan lengkuas, daun salam dan juga sereh. Setelah itu masukan ikan yang tadi setengah matang.

Masukan air secukupnya , dan tambahkan perasan jeruk nipis. Setelah itu tambahkan garam secukupnya kemudian gula putih dan sedikit merica supaya  menambah cita rasa.

Setelah semua bahan tercampur, masukan beberapa daun kemangi dan tambahkan cabai sesuai selera. Dan masak hingga menjadi agak layu.

Untuk papeda nya , siapkan panci yang telah di isi sagu, kemudian tuangkan air panas untuk mencairkan nya. Lalu bisa di masak dengan api keccil dan aduk terus menerus hingga menjadi lebih kental dan berwarna lebih cerah atau bening.

Siapkan wadah dan masukan papeda dengan kuah ikan nya, dan papeda pun telah siap untuk di sajikan selagi hangat.

Papeda memiliki kandungan sejenis karbohidrat, selain karbohidrat, papeda ini ternyata mengandung banyak serat dan mengandung sangat rendh kolesterol. Untuk itu pantas saja makanan papeda khas daerah papua ini memiliki beragai macam manfaat untuk tubuh manusia . tentunya papeda yang kenyal asli dari nusantara bagian timur.

Itulah rangkuman mengenai papeda yang berasal dari berbagai daerah nusantara. Karena setiap daerah di indonesia mempunyai nama makanan yang berbeda beda tetapi mungkin saja jenis makanan nya tetpa sama. Itulah kekayaan yang ada di indonesia yang harus kita lestarikan

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *