Baju Adat Bengkulu

Baju Adat Bengkulu

Bengkulu merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang menyimpan keragaman suku dan budaya. Salah satunya baju adat Bengkulu yang masih dijaga dengan baik hingga sekarang. Baju adat Melayu tersebut mempunyai ciri khas dan model yang unik untuk berbagai acara resmi termasuk pernikahan.

Keunikan Baju Adat Bengkulu

Suku yang paling terkenal di Bengkulu adalah suku Melayu. Suku Melayu mempunyai baju adat yang sangat khas dan unik. Mulai dari model hingga aksesoris lain yang melengkapinya. Baju adat Melayu ini dibedakan untuk pria dan wanita. Terutama pada bagian perhiasan atau aksesoris yang dikenakan.

Keunikan baju adat untuk wanita dilengkapi dengan gelang dan perhiasan mahkota yang dikenal dengan Singal. Baju tersebut terbuat dari kain lecap benang dan kain glamor yang panjang dan bertabur hiasan.  Mahkota pada kepala menjadi nilai khusus untuk menampilkan keunikan dari pakaian adat suku Melayu sesuai penjelasannya dan makna yang terkandung di dalamnya.

Baju adat untuk wanita juga dilengkapi dengan gelang dan kalung. Perhiasan tersebut mempunyai motif yang senada dengan motif baju yang dikenakan, serta dilengkapi dengan kaos kaki untuk alas kakinya. Sehingga membuat penampilan lebih mengesankan dan tidak menghilangkan unsur tradisional.

Baju adat Bengkulu untuk pria juga tidak kalah unik dan menarik. Baju adat tersebut dipadukan lengkap dengan celana panjang hingga lutut. Aksesoris yang dikenakan sarung lipat dan mahkota untuk penutup kepala serta adanya sunting. Untuk perhiasannya ada kaling emping dan sribulan, keris, gelang dan hiasan pinggang yang unik dengan bentuk pending.

 

Baju Adat Bengkulu untuk Perempuan

Baju adat yang dikenakan oleh kalangan wanita pastinya berbeda dengan pria. Baju adat untuk wanita tersebut menggunakan baju Kurung yang terbuat dari beludru dengan lengan panjang. Baju adat tersebut dilengkapi dengan hiasan warna-warni serta sulaman emas seperti uang logam berbentuk lempengan.

Beludru yang digunakan berwarna gelap seperti hitam, merah, dan biru tua. Baju adat tersebut dipadukan dengan berbagai aksesoris seperti songket dari benang emas dan perak dari bahan sutra. Nama baju adat Bengkulu adalah sebagai berikut.

Baju Adat untuk Wanita

Baju Adat untuk Wanita

Baju adat ini berasal dari suku Melayu Bengkulu yang digunakan khusus untuk wanita. Baju Kurung terbuat dari bahan beludru dengan desain lengan panjang. Baju ini sangat simple dan unik karena dihiasi dengan motif dan corak unik, serta sulaman dari benang emas berbentuk lempengan.

Baju Kurung mempunyai warna yang gelap dan dipadukan dengan songket. Serta dihiasi dengan motif khusus berwarna emas atau perak dari kain sutra. Baju ini memberikan kesan elegan dan tetap mewah dengan berbagai perhiasan tambahan lainnya.

Baju Adat untuk Menikah

Baju Adat untuk Menikah

Terdapat baju adat untuk acara pernikahan khusus yang digunakan oleh kaum wanita. Baju adat Bengkulu untuk wanita ini dapat diserasikan dengan baju mempelai pria. Sehingga terlihat senada dan serasi untuk menambah keromantisan pernikahan.

Pada bagian kepala terdapat mahkota berwarna emas. Ditambah dengan berbagai perhiasan lain untuk menambah kesan mewah seperti ikat pinggang, kalung, dan gelang emas yang dikenakan oleh kedua mempelai. Penampilan ditutup dengan alas kaki selop dengan warna emas dan bercorak.

 

Baju Adat Bengkulu untuk Laki-laki

Kamu juga harus mengetahui baju adat Bengkulu untuk laki-laki. Baju adat laki-laki tidak pernah lepas dari jas, celana panjang, sarung, penutup kepala, keris, dan alas kaki. Jas dan celana yang digunakan harus terbuat dari bahan dan warna yang sama agar terlihat senada. Biasanya warna yang digunakan gelap dengan bahan berkualitas tinggi.

Nama baju adat Bengkulu khususnya untuk pria yaitu:

Baju Adat untuk Pria

Baju Adat untuk Pria

Baju adat untuk pria harus terdiri dari jas, celana, sarung, dan alas kaki. Untuk menambah kesan mewah dan khas dari baju tersebut dilengkapi dengan aksesoris salah satunya keris. Serta mempunyai penutup kepala yang unik dan menarik.

Jas yang dikenakan terbuat dari wol yang berkualitas tinggi. Warna yang dipilih yaitu biru tua atau hitam. Dengan elemen tambahan yang senada dengan warna jas tersebut. Alas kakinya menggunakan sepatu sehingga membuat penampilan Budayanesia menjadi gagah dan menawan.

Baju Adat untuk Menikah

Baju Adat untuk Menikah

Untuk baju pengantin pria sama dengan baju adat pada umumnya. Hanya dilengkapi dengan berbagai aksesoris tambahan dan lebih mencolok. Pakaian tersebut menggunakan sulaman yang bertabur dengan lempengan logam berwarna emas.

Bagian celana hanya sebatas lutut dengan sarung atau kain songket yang dililitkan pada area pinggang. Aksesoris lain yaitu kalung bersusun serta senjata tradisional berupa keris. Serta mahkota gunjai dan gelang emas pada tangan kanan yang dikenakan untuk orang dewasa.

 

Baju Adat Bengkulu untuk Anak

Baju adat Bengkulu mempunyai nilai dan makna yang tinggi, termasuk baju adat untuk anak-anak. Sebagai upaya menanamkan rasa cinta terhadap budaya Nusantara, sudah seharusnya mengenalkan baju adat kepada anak-anak sejak dini, salah satunya dengan sewa. Sehingga mereka mengetahui pakaian adat dengan beragam ciri khasnya.

Baju adat untuk anak-anak sama dengan baju adat pada umumnya. Hanya ukuran dan bentuknya yang lebih kecil dan simpel. Untuk aksesoris lain dibuat dengan menyesuaikan kebutuhan anak. Untuk baju adat wanita masih sama menggunakan baju bertabur dari bahan beludru. Serta dilengkapi dengan sulaman emas seperti uang logam.

Baju adat tersebut biasanya berwarna hitam, merah dan biru tua. Ditambah dengan aksesoris lain yaitu sarung songket untuk pria yang terbuat dari kain sutra dan benang emas. Baju adat tersebut digunakan untuk berbagai acara adat maupun peringatan hari khusus di daerah Bengkulu, termasuk Bengkulu Selatan.

Selain baju adat, terdapat perhiasan lain yang disematkan untuk memberikan kesan lebih estetik. Penutup kepala berupa mahkota berwarna emas dengan tusuk konde. Untuk anak-anak perhiasan tersebut disesuaikan dengan kebutuhan. Sehingga tetap nyaman saat menggunakan baju adat Bengkulu tersebut.

 

Baju Adat Bengkulu untuk Pernikahan

Untuk sebuah pernikahan terdapat baju adat khusus yang dikenakan oleh kedua mempelai. Baju adat tersebut masih sama namun ditambah aksesoris yang lebih mewah. Baju adat Bengkulu modern untuk pengantin akan lebih indah karena pengantin akan diperlakukan seperti raja dan ratu. Penjelasan baju adat tersebut berdasarkan namanya sebagai berikut.

Baju Pengantin Bengkulu Pria

Baju Pengantin Bengkulu Pria

Untuk baju pengantin pria menggunakan jas dari bahan beludru dan tertutup. Warna jas tersebut hitam atau warna gelap lain dengan corak yang padat Serta dilengkapi dengan sulaman emas berbentuk lempengan tipis.

Bawahan pakaian menggunakan celana pendek hingga lutut. Dengan kain songket atau sarung yang dililitkan pada pinggang. Ditambah dengan perhiasan mahkota dan kalung yang bersusun indah untuk memberikan kesan mewah.

Untuk alas kakinya menggunakan sepatu dari beludru dengan corak emas. Tidak lupa dengan keris dan gelang emas untuk menunjang penampilan. Baju adat Bengkulu untuk pengantin akan lebih mencolok dengan corak emas.

Baju Pengantin Bengkulu Wanita

Baju Pengantin Bengkulu Wanita

Untuk mempelai wanita menggunakan baju beludru dengan warna yang sama dengan mempelai pria. Bagian kepala terdapat mahkota indah dengan corak emas. Ditambah dengan perhiasan gelang emas pada kedua pergelangan tangannya. Serta kalung bersusun yang sangat indah.

Bengkulu mempunyai budaya yang masih sangat kental dan dilestarikan hingga sekarang. Karena warisan Nusantara harus terus dijaga termasuk baju adat Bengkulu yang mempunyai berbagai keunikan dan makna yang mendalam  setiap corak dan warna yang bertabur.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *